Iklan Header


Bagaimana Cara Memberi Rating dan Feed Gojek?

Cara memberi rating bintang dan feedback Gojek. Bagi yang belum tahu, feedback customer merupakan tanggapan atau ulasan dari pelanggan Gojek setelah selesai memesan order. Ketika driver sudah menyelesaikan order, maka seharusnya pelanggan akan memberi rating kepada driver tersebut. Apakah pelayanannya memuaskan atau tidak, itu tergantung dari driver dan pelanggan itu sendiri.

Untuk mendapat rating dan feed yang baik dari pelanggan, maka driver Gojek harus memberikan pelayanan yang sebaik mungkin sehingga benar-benar memuaskan pelanggan. Dengan pelayanan yang baik, seorang driver Gojek tentu bisa menaikkan rating akunnya dengan sangat mudah.

Cara Memberi Rating dan Feed Gojek

Makin baik pelayanannya maka makin baik pula bintang yang akan didapat. Nah, bintang-bintang dan feedback ini yang nantinya akan diakumulasi menjadi rating driver tersebut. Banyak ojek online yang menggunakan rating ini sebagai patokan untuk mengukur kualitas drivernya, jadi hal ini memang perlu diperhatikan dengan baik.

Dengan keberadaan fitur ini, maka akan ada transparansi pelayanan kepada pelanggan. Pelanggan bisa memilih driver mana yang ingin mereka tumpangi dengan lebih mudah dan leluasa.

Cara Memberi Rating dan Feedback Gojek

Nah, bagi Anda (pelanggan) yang masih bingung memberi rating dan feedback Gojek, caranya sebenarnya cukup mudah. Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

1. Silahkan order pesanan Anda dan ikuti instruksi yang ada pada aplikasi.

2. Setelah driver sampai ke lokasi penjemputan Anda, silahkan amati kinerja driver. Bagaimana pelayanannya? Apakah ramah? Santai saja, saya rasa banyak driver Gojek yang ramah dan enak diajak ngobrol. Setelah itu, Anda juga bisa menilai bagaimana kualitas mereka mengemudi. Apakah mereka ugal-ugalan dan melanggar lalu lintas? Coba amati baik-baik.

3. Jika sudah sampai ke lokasi tujuan, segera bayar sesuai metode pembayaran yang Anda cantumkan sebelumnya. Setelah itu, berikan feedback dan bintang atas pelayanan mereka di aplikasi Gojek. Anda pasti tahu letaknya dimana karena fitur ini cukup mudah ditemukan, apalagi kalau Anda baru saja melakukan order.

4. Anda bisa menilai mereka dengan sejujur-jujurnya atas pelayanan mereka. Kalau ada tindakan yang cukup fatal, maka Anda bisa memberikan rating minim. Sebaliknya, kalau pelayanannya memuaskan maka usahakan berikan rating yang tinggi.

Saran kami, berikan feedback yang membangun dan jangan menyakiti driver. Bila kesalahannya tidak terlalu fatal, ada baiknya Anda tidak mengadu kepada kantor operasional. Mengapa? Karena mereka juga pasti butuh uang, kalau Anda itu ‘BAPERAN’ dan sukanya ‘NGADU’, maka nasib driver menjadi memprihatinkan.

Mereka bisa saja terkena sanksi atau hukuman seperti suspend, padahal kesalahannya tidak terlalu fatal. Misalnya gara-gara tidak mengenakkan jaket Gojek, kendaraan kotor atau datang terlambat, maka cukuplah jika memberi feedback yang membangun. Sampaikan kekurangan driver tersebut beserta saran Anda untuk kedepannya.

Jangan asal komplain dan sampai menggunakan kata-kata kasar, karena perbuatan itu sangatlah tidak baik. Kasihan juga para driver, mereka juga butuh rating untuk narik order di hari-hari berikutnya.

Cara Memberi Rating dan Feed Gojek

Berilah bintang rating minimal 4 ke atas, jangan kurang dari itu. Kalau bisa, sering-seringlah beri rating bintang 5 jika pelayanannya memuaskan agar mereka juga bisa bahagia. Hitung-hitung sedekah.

Anda juga bisa memikirkan rating seperti apa yang akan Anda berikan kepada driver apabila melakukan pelanggaran yang cukup fatal, misalnya ngebut di jalan raya dengan kecepatan yang tidak lazim (sampai 100km/jam), maka Anda barulah mengadu kepada kantor operasional Gojek.

Lantas, Bagaimana Jika Pelanggan Belum Memberikan Rating?

Bila konsumen belum memberikan rating kepada pelanggan, maka ini akan sangat merugikan driver. Entah karena malas, lupa atau tidak tahu, yang jelas ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Jika Anda (sebagai driver) mengalami hal ini, silahkan buka aplikasi Gojek lalu pilih GoInfo driver untuk mengecek nomor handphone pelanggan yang memberi rating atau feedback. Selengkapnya, silahkan ikuti langkah berikut.
  • Klik tombol rating pada menu di akun Gojek Anda.
  • Cari dan periksa data pelanggan yang belum memberikan feedback atau rating kepada Anda. Biasanya, di sana akan tertera keterangan berupa “Belum Ada Feedback”.
  • Kalau ternyata ada pelanggan yang belum memberi feedback, silahkan klik nama pelanggan tersebut.
  • Selanjutnya, Anda akan diarahkan ke halaman detail order. DI sana, akan muncul nama beserta nomor handphonenya dengan lengkap.
Dengan fitur keren ini, para driver bisa lebih mengetahui pelanggan agar mau memberikan rating. Format SMS-nya mungkin bisa seperti ini:
"Selamat pagi, saya Tejo, driver gojek yang waktu itu mengantarkan [detail order]. Mohon kiranya Bapak/Ibu bersedia memberikan feedback dan rating di aplikasi gojek untuk saya. Terima kasih"
Fitur ini juga cukup canggih. Untuk menjaga privasi pelanggan, nomor handphonenya mungkin hanya bisa dilihat oleh driver yang menyelesaikan orderan tersebut. Tidak bisa dilihat oleh driver yang lainnya.

Perlu diperhatikan juga, penggunaan fitur ini juga harus digunakan secara bijak. Jangan terlalu memaksa apabila pelanggan masih ‘kekeh’ tidak memberikan rating. Selain itu, gunakan nomor handphone pelanggan tersebut untuk berkomunikasi terkait Gojek dan bukan untuk keperluan lain.

Kalau Anda ngeyel, maka mungkin saja mereka akan sebal kepada Anda. Ujung-ujungnya, Anda bisa kena masalah nantinya.

So, ini merupakan opini pribadi penulis mengenai cara memberi rating & feedback ke driver Go-Ride, Go-Car dan layanan lainnya. Intinya, berilah rating yang wajar. Jangan pelit-pelit! Karena apa sih untungnya buat Anda? Itu malah membuat para driver yang sudah mengantar Anda menjadi merana.

Kalau memang mereka melakukan pelanggaran, ya silahkan timang terlebih dahulu jenis pelanggarannya seperti apa. Jika mereka memberikan pelayanan memuaskan, maka Anda harus memberi rating bintang 5 sebagai rasa terima kasih. Jangan 4,5 – 4,9 karena itu sangat nanggung, udah bintang 5 aja! Hehe.
PS: Perlu diketahui juga, artikel ini bukan bermaksud untuk membuat statement atau saran tertentu yang mungkin ‘kurang baik’ bagi sebagian orang. Namun yang jelas, saya bermaksud baik supaya Anda (sebagai pelanggan) mampu menilai para driver dengan lebih bijak.
Berikanlah rating yang wajar, jangan terlalu sadis kepada para driver. Mereka juga sudah membantu Anda loh… Kalau tingkat pelanggarannya sudah sangat parah, barulah Anda komplain kepada kantor.

Oke, saya harap Anda paham.

8 Responses to "Bagaimana Cara Memberi Rating dan Feed Gojek?"

  1. Saya sedih... Lupa kasih rating bintang 5 ke mamang gojeknyaaa padahal dia baik bangeeet mana rela hujan2an lagii... Duh nyesel..

    ReplyDelete
  2. Bagaimana cara mengganti rating bintang? Misalnya mau kasih bintang 5, ternyata kepencet bintang 1 dan sdh terkirim

    ReplyDelete
  3. Saya juga mau ngedit bintang. Mau kasih bintang 5 sama drivernya, eh kepencet bintang 1, langsung terkirim. Saya coba email ke gojek, tapi belum dibalas. Duuh saya jadi merasa bersalah sm drivernya.

    ReplyDelete
  4. kalo lupa memberi bintang bisa di edit gak

    ReplyDelete
  5. Sy mau kasih bintang 4,tp malah kepencet bingan 1 😔..bs di edit tdk ya

    ReplyDelete
  6. Bisa di edit.. Di riwayat pesanan

    ReplyDelete
  7. Kalau nggak muncul feed rating , trus gatau gimana caranya ,gimana nih aku ga ngasih rating ke pak ojol nya , mudah" an gapapa ,dan dilancarkan rezekinya ,ngerasa bodoh ,ngga tau apa" saya ini ,, kasihan bpk nya

    ReplyDelete
  8. Bagaimana cara mengubah bintang ? Krn saat memberi bintang, hp error dan hanya bintang satu yang ada. Saya ingin mengubah jadi bintang 5. Tks

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 (Feed)

Iklan Tengah Artikel 2 (Inline)

Iklan Bawah Artikel