Iklan Header


Tips Mendapat Bintang 5 dari Pelanggan Gojek untuk Menaikkan Rating

Bagaimana cara menaikkan rating dan mendapat bintang 5 setiap harinya? Saya rasa, perkara itu bukanlah sesuatu yang mudah. Harus ada pembelajaran ekstra untuk menjadi mitra Gojek yang memiliki pelayanan SUPER MEMUASKAN.

Seperti yang kita tahu, sistem ojek online saat ini sudah mulai mengadopsi rating sebagai indikator mitranya. Makin tinggi ratingnya, maka reputasinya akan semakin besar. Dengan begitu, potensi penghasilannya juga menjadi lebih besar karena banyak pelanggan yang memilihnya.

Tips Mendapat Bintang 5 dari Pelanggan Gojek untuk Menaikkan Rating

Sayangnya, menaikkan rating bukanlah perkara mudah. Tidak seperti membalikkan kedua telapak tangan, melainkan lebih dari itu.

Kalau rating ingin aman, maka setidaknya dalam sehari harus ada ulasan yang berbintang 5 dan minimal bintang 4. Makin banyak bintang 5, maka ratingnya mungkin akan lebih stabil. Untuk itu, Anda harus sedikit memperjuangkan hal ini demi potensi penghasilan yang lebih memuaskan.

Cara Mendapat Bintang 5 dari Pelanggan Go-jek untuk Menaikkan Rating

Ini beberapa tips yang mungkin bisa membuat Anda mendapat bintang 5 untuk mempertahankan atau menaikkan rating Anda. Simak ya!

Mitra Driver Go-Ride

1. Perhatikan Kondisi Kendaraan sebelum Berkendara

Coba lihat, kendaraan Anda kotor atau tidak. Kalau kotor, coba dibersihkan terlebih dahulu. Pastikan juga kaca spion Anda terpasang dengan baik (tidak menceng), lampu motor Anda menyala dan lampu sein berfungsi sebagaimana mestinya.

Anda juga harus memastikan bahwa pijakan kakinya dalam keadaan baik sebelum mengantar pelanggan.

2. Selalu Berpenampilan Rapi dan Kenakan Atribut Resmi Gojek

Agar lebih mudah dikenali pelanggan, ada baiknya jika Anda mengenakkan Gojek ketika bekerja. Jadi, dari kejauhan saja mereka mungkin sudah mengenali Anda karena dari warna jaketnya saja sudah berbeda dengan yang lain.

Selain itu, gunakan juga sepatu yang tertutup, kemeja, celana panjang dan helm SNI agar Anda lebih aman ketika berkendara.

3. Hubungi Pelanggan Hanya Sewaktu Tiba di Lokasi Penjemputan


Kalau Anda mendapat orderan lalu menerimanya, cobalah untuk mencari lokasinya terlebih dahulu. Jika Anda sudah di sekitaran lokasi dan masih bingung menemukan Anda, barulah Anda bertanya.

Sewaktu di lokasi penjemputan, kirim SMS/telepon pelanggan dengan format kurang lebih seperti ini:
Permisi, saya dari Gojek. Saya sudah sampai di lokasi ya. Terima kasih.
4. Tekan “Sudah menjemput pelanggan” ketika Anda Sudah Bertemu Pelanggan

Untuk mencegah kesalahpahaman antar keduabelah pihak, coba gunakan fitur yang satu ini. Jangan geser tombol ‘memulai pekerjaan’ sebelum Anda bertemu dengan pelanggan. Hal ini malah akan membuat pekerjaan Anda kacau dan tidak jelas mau mengurus pelanggan yang mana terlebih dahulu.

5. Berilah Salam dan Senyum kepada Pelanggan

Memberi salam serta senyum tentu membuat Anda terlihat lebih ramah dan sangat ‘friendly’. Kesan pertama ini tentu sangat memengaruhi pelanggan untuk menilai ‘image’ Anda.

6. Selalu Tawarkan Kelengkapan Atribut kepada Pelanggan

Untuk menjadi driver Gojek yang baik, Anda juga harus selalu membawa atribut berkendara untuk pelanggan Anda. Tawarkanlah penutup rambut, masker dan helm resmi dari Gojek kepada pelanggan.

Dengan begitu, pelanggan akan lebih nyaman dan aman saat berkendara dengan Anda.

7. Berkendara dengan Baik dan Mematuhi Aturan Rambu Lalu Lintas

Pastikan Anda berkendara dengan baik. Tidak ngebut, tidak ugal-ugalan dan selalu mematuhi aturan rambu lalu lintas yang berlaku. Dalam hal ini, pemahaman Anda di jalan raya juga sangat menentukan reputasi Anda di mata pengunjung.

Semakin enak Anda berkendara maka semakin bagus juga rating yang akan diberikan pelanggan.

8. Bertanya dengan Bahasa yang Sopan dan Santun
Saat berkendara dan ingin mengetahui rute yang diinginkan pelanggan, coba bertanyalah dengan sopan dan santun. Jangan menggunakan kata-kata yang kasar atau berbau SARA yang bisa menyinggung perasaan pelanggan.

Ini contoh percapakapan antara driver dan pelanggan yang baik:
Driver : “Selamat sore Ibu Surti, sekiranya Ibu mau lewat jalan mana ke Kota Purwokerto?”
Pelanggan : “Lewat jalur Sokaraja saja mas, nanti kalau ada SMP Negeri 1 Sokaraja lalu belok kanan.”
Driver : “Baik bu, saya antar sesuai dengan permintaan Ibu ya.”
Pelanggan : “Oke, baik.”
9. Selalu Bawa Atribut Cadangan untuk Memaksimalkan Pelayanan

Atribut cadangan di sini misalnya saja jas hujan. Karena seperti yang kita tahu, cuaca saat ini sudah tidak menentu. Meski cuaca di siang hari cerah, namun bisa saja di sore hari tiba-tiba hujan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, peranan jas hujan di sini tentu cukup penting. Bawalah atribut cadangan ini agar pelanggan tetap merasa nyaman saat berkendara dalam kondisi hujan. Selain menghemat waktu, pelanggan juga tidak akan kecewa terhadap Anda.

10. Tekan “Selesai mengantar pelanggan” ketika Anda Benar-benar Sudah Mengantar ke Tujuan
Kalau sudah sampai di lokasi tujuan, silahkan tekan tombol “Selesai mengantar pelanggan” untuk memastikan akun Anda bekerja dengan baik. Jangan tekan tombol selsai jika Anda belum mengantar pelanggan sampai ke tujuan.

11. Jangan Meminta Uang Lebih dan Selalu Kembalian dengan Pas

Anda harus menjaga attitude dalam bekerja. Jangan minta upah lebih kepada pelanggan setelah menyelesaikan order. Kalau diberi uang lebih maka terima saja karena mungkin itu rezeki tambahan untuk Anda.

Kalau ternyata uang pembayarannya terlalu besar, silahkan beri kembalian yang sesuai. Tidak lebih dan tidak kurang.

12. Ucapkan Terima Kasih kepada Pelanggan setelah Sampai Tujuan

Ini yang mungkin bisa membuat pelanggan menganggap Anda benar-benar orang yang ramah dan rendah hati. Jangan sungkan-sungkan untuk memberi pelanggan terima kasih, karena dengan begitu hati Anda juga akan lebih lega dari biasanya.

Mitra Go-Massage

Go-Massage merupakan layanan resmi dari Gojek untuk jasa pijat dan refleksi. Dengan menggunakan jasa ini, pelanggan bisa menikmati sensasi pijat dan refleksi dari terapis yang terbaik.

Tips Mendapat Bintang 5 dari Pelanggan Gojek untuk Menaikkan Rating


1. Bawa Perlengkapan dan Bahan yang Mendukung

Pastikan Anda membawa berbagai perlengkapan dan bahan untuk memijat. Bawa yang benar-benar Anda perlukan agar sewaktu datang ke lokasi sudah siap semuanya.

2. Konfirmasi Kedatangan Anda

Kalau sudah berada di lokasi, silahkan konfirmasi kedatangan Anda. Layaknya Go-Ride, Anda mungkin perlu menekan tombol kedatangan pada aplikasi Anda. Kalau tidak ada fitur tersebut, Anda bisa konfirmasi dengan SMS, telepon atau chat WA kepada pelanggan.

3. Beri Salam dan Senyum kepada Pelanggan


Seperti biasa, ucapkan salam dan beri senyum ketika Anda bertemu dengan pelanggan Anda. Semakin ramah Anda diawal pertemuan, maka selanjutnya akan semakin santai pula antara Anda dan pelanggan.

4. Lakukan Pemijatan dan Refleksi Sesuai Pesanan

Sebagai ahli terapis, Anda pasti sudah tahu harus melakukan apa saja nantinya. Sebelum memulai pekerjaan Anda, sebaiknya tanya terlebih dahulu kepada pelanggan keluhan atau keinginannya seperti apa.

5. Jika Sudah Selesai, Jangan Lupa Ucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih ini memang wajib Anda lakukan. Mengapa? Ya sudah tentu, ini akan menjadi pelayanan terakhir Anda agar lebih memuaskan pelanggan. Hati jadi lebih ‘adem’ rasanya.

Perlu diketahui, kepuasan pelanggan tentu bergantung dari pelayanan yang Anda tawarkan.  Semakin baik pelayanan yang Anda tawarkan, maka semakin baik pula pandangan pelanggan kepada Anda. Mereka akan jauh lebih senang dan respect kepada Anda.
Kalau sudah begitu, pelanggan pasti tidak sungkan-sungkan untuk Memberi Rating Bintang 4 ke atas. Dan yang paling menyenangkan tentunya saat Anda mendapat bintang 5 dari orderan yang sudah Anda selesaikan.
Memang memberi pelayanan terbaik bukan perkara mudah. Mungkin ada saja halangan yang mengganggu, tapi setidaknya Anda harus mencoba. Ulasan yang kami sajikan tadi memang hanya beberapa saja, belum secara kesulurahan untuk layanan Gojek seperti Go-Car, Go-Box, Go-Send, Go-Tix, Go-Food, Go-Shop, Go-Mart, dan layanan Go-jek lainnya.

Rating secara keseluruhan di akun Anda pun akan meningkat secara otomatis. Enak kan? Namun kalau kita simpulkan, semuanya mengarah pada 1 yaitu “Pelayanan Anda”…

0 Response to "Tips Mendapat Bintang 5 dari Pelanggan Gojek untuk Menaikkan Rating"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 (Feed)

Iklan Tengah Artikel 2 (Inline)

Iklan Bawah Artikel