Iklan Header


Penghasilan Driver Ojek Online Ternyata di Atas UMK

Sejak kemunculan transportasi online yang populer dengan layanan ojek online yaitu Gojek dan Grab, maka banyak orang yang berminat ingin mendaftar sebagai driver ojek online. Baik itu yang sebelumnya tukang ojek pangkalan, pengangguran atau yang sudah bekerja bahkan orang kantoran, mereka tetap ingin mendaftar driver ojek online karena penghasilan atau pendapatan yang dirasa bisa mencukupi untuk biaya hidup.


Alasan kenapa banyak orang ingin menjadi driver ojek online?

Mungkin karena penghasilan driver ojek online yang lumayan untuk mencukupi kebutuhan hidup dan juga karena jam kerja yang fleksibel. Nampaknya dua alasan itulah yang kemudian membuat orang untuk tertarik mendaftar sebagai mitra ojek online.

Dengan kenyataan ini menunjukan bahwa profesi tukang ojek yang dulu mungkin dianggap sebelah mata kini menjadi naik kelas bahkan bisa jadi bangga menjadi driver ojek online.

Penghasilan Driver Ojek Online Berapa?

Walaupun kini penghasilan driver ojek online tidak semudah dan sebesar saat awal-awal Gojek atau Grab diluncurkan tapi sampai saat ini masih diburu untuk sumber penghasilan, tentu ada hal yang menarik yang dikejar. Hal menarik tersebut tak lain adalah pendapatan ojek online yang bisa didapat lumayan besar dan sangat menggiurkan.
Jika dalam tulisan ini ada informasi seputar penghasilan driver ojek online maka ini hanya sebatas informasi obrolan dari penumpang yang tergelitik juga untuk bertanya tentang penghasilan driver ojek online saat ia naik ojek online.Selengkapnya Anda bisa baca Berapa Penghasilan Driver Gojek dalam Sehari dan Sebulan?

Jadi informasi ini bersifat acak, tidak bisa dipakai sebagai standard baku untuk menilai penghasilan driver ojek online karena setiap driver ojek online yang ditanya tentu juga berubah-ubah penghasilannya dan juga tingkat kerajinan driver ojek online yang berbeda-beda juga.

Atau mungkin penghasilan yang diinformasikan tersebut penghasilan tertinggi yang pernah ia capai (walaupun tak stabil penghasilannya diangka tersebut) sehingga memberi semangat kepada orang lain untuk bergabung.

Hasil Survei: Penghasilan Driver Gojek Cs di Atas UMK

Profesi pengemudi atau driver taksi online dan ojek online (ojol) terkadang dipandang sebelah mata. Mereka dianggap tidak memiliki masa depan yang jelas dibandingkan pekerjaan formal.

Namun siapa sangka, rata-rata penghasilan pengemudi taksi online dan ojol di Grab dan Gojek di atas upah minimum kota/kabupaten (UMK). Hal itu terungkap dalam riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI).
Wakil Kepala Lembaga Demografi FEB UI Paksi C.K Walandouw mengatakan, hasil survei menunjukkan bahwa rata-rata penghasilan driver ojol adalah Rp 4,9 juta di Jabodetabek, sementara rata-rata UMK di wilayah yang sama adalah Rp 3,9 juta.driver gojek.
Sementara penghasilan mereka di luar Jabodetabek adalah Rp 3,8 juta. Wilayah yang disurvei adalah Balikpapan, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang, Surabaya, Yogyakarta. Rata-rata UMK di sana sebesar Rp 2,8 juta.
"Kita bisa lihat ada manfaat selain pendapatan lebih, yaitu mempunyai waktu bersama keluarga," katanya dalam sebuah paparan di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019).
Berikutnya adalah pendapatan driver taksi online yang rata-rata sebesar Rp 6 juta di Jabodetabek dan Rp 5,5 juta di wilayah lainnya.

Tak hanya mendapatkan penghasilan di atas UMK, dengan bergabung ke transportasi online, penghasilan mereka juga secara signifikan meningkat dibandingkan sebelum menggeluti profesi ini. Penghasilan driver ojol meningkat 45%, taksi online 42%.

Faktor Penghasilan Driver Gojek

Ada banyak faktor yang mempengaruhi penghasilan seorang driver ojek online, sehingga anda tak bisa memukul rata bahwa jika anda menjadi mitra ojek online dimanapun kotanya maka anda akan memperoleh penghasilan seperti cerita diatas.

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi  penghasilan driver ojek online adalah sbb:
Faktor wilayah/kota, anda harus melihat bahwa driver ojek online tersebut beroperasi di kota mana. Kalau di Jakarta order sangat tinggi tapi di kota-kota lain belum tentu seramai Jakarta.
Selengkapnya silahkan baca Faktor Penghasilan Driver Gojek yang sudah kami bahas sebelumnya.

Sumber dan referensi :

  • https://www.detik.com
  • https://www.gojakgojek.com

0 Response to "Penghasilan Driver Ojek Online Ternyata di Atas UMK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1 (Feed)

Iklan Tengah Artikel 2 (Inline)

Iklan Bawah Artikel